Laki-laki terbaik menurut Rasulullah

Sekarang masih ada laki-laki yang memperlakukan wanita dengan tidak wajar. Seperti KDRT, tidak menafkahi istri dan anak-anaknya. Padahal, hal ini bukanlah ajaran Rasulullah saw. 

Laki laki
Laki laki terbaik

Berkaitan dengan laki-laki terbaik menurut Rasulullah saw., sahabat Abu Hurairah r.a. pernah mendengar Rasulullah saw. bersabda:

أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا وَخَيْرُكُمْ خَيْرُكُمْ لِنِسَائِهِمْ. (رواه الترمذي)

Orang Mukmin yang paling sempurna imannya adalah mereka yang memiliki akhlak mulia dan sebaik-baik kalian adalah mereka yang berperilaku baik terhadap perempuan-perempuan mereka. (H.R At-Tarmidzi.)

Dan Rasulullah mengingatkan bahwa berbuat baik kepada perempuan adalah syarat keimanan. Dan juga menjadikannya lelaki terbaik dan terpilih.

Perempuan berhak dimuliakan. Bukan dilecehkan, direndahkan, atau pun dipinggirkan. Apalagi dijadikan korban kekerasan. Hadits tesebut juga dapat dipahami sebaliknya. Yakni perempuan mukmin yang terbaik adalah perempuan yang berbuat baik kepada laki-laki. Khususnya kepada suaminya.

Bahkan Aisyah radhiyallahu anha pernah mengatakan

وَالَّذِيْ زُيِّنَ الرِّجَالُ بِاللِّحَى

Yang membuat pria semakin tampan adalah jenggotnya.”[Lihat ‘Uyunul Akhbar, Ibnu Qutaibah Ad Dainuri, hal. 390, Mawqi’ Al Waroq. Namun di dalam riwayat tersebut terdapat Ibnu Daud yang tidak tsiqoh atau tidak terpercaya (Lihat Tadzkirotul Mawdhu’at, Thahir Al Fataniy Al Hindi, hal. 160, Mawqi’ Ya’sub).]

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَنْ تُطْعِمَهَا إِذَا طَعِمْتَ وَتَكْسُوَهَا إِذَا اكْتَسَيْتَ – أَوِ اكْتَسَبْتَ – وَلاَ تَضْرِبِ الْوَجْهَ وَلاَ تُقَبِّحْ وَلاَ تَهْجُرْ إِلاَّ فِى الْبَيْتِ

Engkau memberinya makan sebagaimana engkau makan. Engkau memberinya pakaian sebagaimana engkau berpakaian -atau engkau usahakan-, dan engkau tidak memukul istrimu di wajahnya, dan engkau tidak menjelek-jelekkannya serta tidak memboikotnya (dalam rangka nasehat) selain di rumah.” (HR. Abu Daud, no. 2142. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih).

Berusaha meluangkan waktu untuk istri dan anak.

‘Aisyah radhiyallahu ‘anha bercerita,

أَنَّهَا كَانَتْ مَعَ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- فِى سَفَرٍ قَالَتْ فَسَابَقْتُهُ فَسَبَقْتُهُ عَلَى رِجْلَىَّ فَلَمَّا حَمَلْتُ اللَّحْمَ سَابَقْتُهُ فَسَبَقَنِى فَقَالَ « هَذِهِ بِتِلْكَ السَّبْقَةِ ».

Ia pernah bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam safar. ‘Aisyah lantas berlomba lari bersama beliau dan ia mengalahkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Tatkala ‘Aisyah sudah bertambah gemuk, ia berlomba lari lagi bersama Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam, namun kala itu ia kalah. Lantas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ini balasan untuk kekalahanku dahulu.” (HR. Abu Daud, no. 2578 dan Ibnu Majah, no. 1979. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata,

رَأَيْتُ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – يَسْتُرُنِى بِرِدَائِهِ ، وَأَنَا أَنْظُرُ إِلَى الْحَبَشَةِ يَلْعَبُونَ فِى الْمَسْجِدِ ، حَتَّى أَكُونَ أَنَا الَّذِى أَسْأَمُ ، فَاقْدُرُوا قَدْرَ الْجَارِيَةِ الْحَدِيثَةِ السِّنِّ الْحَرِيصَةِ عَلَى اللَّهْوِ

“Aku melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menutup-nutupi pandanganku dengan pakaiannya, sementara aku melihat ke arah orang-orang Habasyah yang sedang bermain di dalam Masjid sampai aku sendirilah yang merasa puas. Karenanya, sebisa mungkin kalian bisa seperti gadis belia yang suka bercanda” (HR. Bukhari, no. 5236 dan Muslim, no. 892)

Artikel lain https:/annisahamidah.web.id

    1. Avatar
      Khudori Ganteng August 15, 2019
      • Avatar
        annisahamidah August 15, 2019
    2. Avatar
      Aas Nurhasanah August 15, 2019
      • Avatar
        annisahamidah August 15, 2019
    3. Avatar
      Saelsadilanti August 15, 2019
      • Avatar
        annisahamidah August 15, 2019
    4. Avatar
      Laelaa August 15, 2019
      • Avatar
        annisahamidah August 15, 2019
    5. Avatar
      Mr. Z August 18, 2019
    6. Avatar
      Allisa August 18, 2019
    7. Avatar
      annisaquratulaini August 18, 2019
    8. Avatar
      Mz. Dahlan August 19, 2019
    9. Avatar
      Azmi Afifah August 24, 2019
    10. Avatar
      Dwi Nanda Wijaya August 24, 2019

    Leave a Reply