Kesalahan Kesalahan yang Sering Terjadi Pada Shalat

Kesalahan sebelum melakukan shalat

Kesalahan yang sering terjadi saat shalat. Shalat merupakan ibadah yang harus mendapatkan perhatian ekstra dari tiga sisi pelaksanaan, sebelum melakukan shalat, ketika melakukan shalat, dan setelah melakukan shalat. Ketiga sisi itu harus dipenuhi dengan baik dan benar. Jika itu terjadi sebelum shalat, berarti berkaitan dengan syarat sah shalat. Jika syarat itu belum terpenuhi dengan baik dan benar, maka shalat menjadi tidak sah. Jika itu terjadi pada saat shalat, maka itu tergantung apakah kedudukannya sebagai rukun shalat atau sunnah shalat. Jika rukun tidak terpenuhi , maka shalat menjadi batal dan harus diulang. Sedangkan jika sunah belum terpenuhi, maka tidak akan membatalkan shalat.

Pada bahasan pertama ini, akan kita sampaikan kesalahan-kesalahan yang terjadi sebelum melakukan shalat. Semoga hal ini menjadi perhatian kita semua. Kesalahan-kesalahan tersebut diantaranya :

1. Tidak memperhatikan waktu masuk shalat

Dalil tentang ketentuan waktu-waktu shalat ini sudah sangat jelas, baik dari Al-Quran maupun As-sunnah. Namun, masih ada sebagian orang yang melaksanakan shalat tidak sesuai dengan waktunya. Baik dengan tidak disengaja, atau secara sengaja dengan alasan-alasan yang tidak dibenarkan oleh syariat.

Ketentuan waktu tersebut telah ditegaskan dalam Al-Quran. Allah subhanah wa ta a’la berfirman

فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ ۚ إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا

“….maka dirikanlah shalat itu(sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardu yang ditentukan waktunya atas orang orang yang beriman.” (An-Nisa : 103)

Dalam ayat diatas jelas disebutkan bahwa sebelum seseorang berniat untuk melaksanak shalat, hendaknya ia mengetahui apakah telah masuk waktu shalat atau belum. Sebab, shalat yang dilaksanakan sebelum masuk waktuna, maka shalat tersebut dihukumi tidak sah. Suatu ibadah yang tidak sah, tidak menggugurkan kewajibam. Sehingga ia harus shalat lagi saat waktunya telah masuk.

Untuk mengetahui waktu-waktu tersebut tidak disyaratkan harus yakin, akan tetapi cukup dengan pertimbangan akal sehat. Apalagi di zaman sekarang ini sangat mudah untuk mengetahui waktu shalat dengan melihat jam dan jadwal shalat yang telah ditentukan oleh pihak-pihak yang dapat dipercaya. Namun, demikian banyak nas yang menjelaskan mengenai hal ini.

Artikel ini sampai sini dulu yaa. Insyaa Allah akan dilanjutkan lagi

Buku : Kesalahan yang sering terjadi dalam Shalat. Karya : Budiman Mustofa, Lc., M.P.I

https://yufidia.com/3074-beberapa-kesalahan-dalam-shalat.html